KEGIATAN PELATIHAN DOKTER KECIL sebagai PENCEGAHAN PERMASALAHAN GIGI SEJAK DINI

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :

              Sehat merupakan syarat mutlak bagi setiap orang untuk bisa menjalani kehidupan yang produktif. Salah satu cara yang bisa ditempuh untuk mendapatkan jiwa dan raga yang sehat adalah dengan melaksanakan pendidikan kesehatan. Sementara itu, sekolah merupakan tempat terjadinya proses transfer ilmu atau pembelajaran yang berkaitan dengan umum maupun kesehatan. Oleh karena itu, sekolah adalah lembaga vital dan ideal untuk memulai pendidikan kesehatan (Tim Esensi, 2012: 2-3). Hal ini sejalan dengan Undang-Undang No. 23 Tahun 1992 bab V Pasal 45, yang menyebutkan bahwa kesehatan diselenggarakan untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat peserta didik dalam lingkungan hidup sehat sehingga peserta didik dapat belajar, tumbuh, dan berkembang secara harmonis dan optimal menjadi sumber daya manusia yang lebih berkualitas.
    
              Peran Dokter Kecil adalah sebagai promotor dan motivator dalam menjalankan usaha kesehatan terhadap diri masing-masing dan berperan aktif dalam kampanye kesehatan yang diselenggarakan di Sekolah, misalnya pekan kebersihan, pekan penimbangan dan pengukuran tinggi, pekan gizi, pekan kesehatan gigi, pekan kesehatan mata, dan lain-lain. Program Dokter Kecil merupakan upaya pendekatan edukatif dalam rangka mewujudkan perilaku sehat diantaranya perilaku kebersihan perorangan. Dimana anak didik dilibat-aktifkan sebagai pelaksananya.

              Untuk itu diadakannya Kegiatan Pelatihan Dokter Kecil pada hari Jum'at - Sabtu, tanggal 20-21 januari 2017 oleh SDN TAWANGMAS 02 bersama DINAS KESEHATAN PUSKESMAS KROBOKAN yang sudah menjalin kemitraan untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat peserta didik dalam lingkungan hidup sehat. Tujuan khususnya yaitu agar siswa dapat menjadi penggerak hidup sehat di sekolah, rumah, dan lingkungannya, dan dapat menolong dirinya sendiri dalam menjaga kesehatan gigi dan mencegah adanya kerusakan gigi.

(Pembelajaran di Ruang Kelas)

(Sikat Gigi Massal)















Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :

0 Response to "KEGIATAN PELATIHAN DOKTER KECIL sebagai PENCEGAHAN PERMASALAHAN GIGI SEJAK DINI"

Posting Komentar